Rabu, 06 September 2017

Perbedaan Kualitatif dan Kuantitatif dalam Proposal Penelitian

Hai semua.... kembali lagi dalam blog saya yang sederhana ini . Kali ini saya akan membagikan pengetahuan saya tentang perbedaan proposal Kualitatif dan Proposal Kuantitatif.

Proposal memiliki 2 jenis yaitu Proposal kegiatan dan Proposal penelitian.Kemudian proposal dibagi lagi menjadi 2 macam metode yaitu metode Kualitatiif dan Kuantitatif.Dan dalam 2 macam metode tersebut memiliki perbedaan yaitu :

  1. Bersifat realitas , metode kuantitatif melihat realitas sebagai bentuk yang konkrit. Sedangkan metode kualitatif melihat realitas sebagai bentuk ganda (majemuk).
  2. Interaksi antara peneliti dengan objek penelitiannya , metode kuantitatif melihat sebagai independen,dualistik,bahkan mekanik . Sedangkan metode kualitatif melihat sebagai prose interaktif,tidak terpisahkan,bahkan patisipasif.
  3. Metode kuantitatif memiliki tujuan utuk menguji sebuah teori, dan menemukan hubungan antara variable. Sedangkan metode memiliki tujuan menemukan sebuah pola dari sebuah hubungan secara interaktif
  4. Metode kualitatif memiliki rancangan yang berkembang , lentur dan umum. Sedangkan metode kuantitatif memiliki rancangan yang terstruktur, ditentukan dari awal,dan formal.
  5. Hubungan subjek pada metode kualitatif yaitu memberikan sebuah empat,menekankan kepercayaan,kesetaraan,dan hubungannya dekat. Sedangkan metode kuantitatif memiliki jarak, jangkanya pendek dan ada pembatasan.
  6. Metode kualitatif memiliki data yang deskriptif ,merupakan dokumen pribadi,dan catatan lapangan. Sedangkan metode kuantitatif memiliki data kuantitatif, merupakan bilangan dan statistik.
Sekian informasi yang saya berikan tentang perbedaan kualitatif dan kuantitatif. Semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk para pembaca.Mohon maaf jika ada kesalahan. Terima Kasih........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar