Media sosial merupakan sebuah media online , dengan banyak pengguna dari seluruh dunia dapat dengan mudah berpartisipasi.Sebuah media sosial memiliki ciri sebagai berikut , pesan yang di sampaikan bebas..Dalam media sosial tidak boleh berkata yang dapat menyinggung perasaan orang lain.Menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai"sebuah kelompok pengguna internet , yang dibangun atas dasar ideologi dan dapat bertukar pikiran.
Ketika kita membicarakan tentang media sosial , pasti kita memiliki pandangan bahwa media sosial memiliki dampak yang negatif dan positif.Bagaimana cara seorang siswa dapat menggunakan media sosial secara baik dan memberikan dampak positif?
Tentunya untuk memberikan dampak yang positif kepada seorang siswa ada beberapa hal yang harus dilakukan dan diperhatikan. Yang pertama adalah orang tua (saat di luar jam sekolah),karena peran orang tua sangat penting jika orang tidak memperhatikan anaknya maka media sosial dapat memberikan dampak yang negatif bagi siswa tersebut.Yang kedua adalah guru (saat di dalam jam sekolah),karena peran guru penting karena tidak ada orang tua saat di lingkungan sekolah dan orang tua seorang siswa di lingkungan sekolah adalah seorang guru.Yang ketiga adalah siswa itu sendiri,karena jika tidak ada kemauan dari siswa tersebut untuk menolak dampak negatif tersebut,maka percuma saja perhatian dari orang tua maupun guru tersebut.
Hal tersebut mengakibatkan timbulnya kesalahpahaman dan pertikaian diantara para pengguna media sosial tersebut.
Inilah contoh kasus yang ada dan yang saya teliti:www.nadiastella.wordpress.com - Pekan lalu perhatian masyarakat tertuju ke Polda Yogyakarta terkait dengan penahanan Florence Sihombing,Mahasiswi UGM ini ditahan karena diadukan LSM akibat"kicauan"-nya di Path yang menghina rakyat Yogyakarta..Kasus ini telah saya teliti menggunakan metode kualitatif.
Menurut saya,tema ini sangat penting dibahas karena ini dapat menimbulkan kesalahpahaman dan kebencian yang berpengaruh kepada semua pengguna media sosial termasuk pengguna yang masih bersekolah.
Sekian dari latar belakang yang telah saya tiliskan ini,saya ucapkan terima kasih.
1.2 Rumusan Masalah
1. Apakah media sosial berdampak positif atau negatf kepada siswa?
2. Apakah dampak negatif dari media sosial dapat mempengaruhi nilai siswa?
1.3 Tujuan Penelitian
1. Untuk mengetahui dampak dari media sosial bagi seorang siswa.
2. Untuk mengetahui dampak negatif media sosial dapat mempengaruhi nilai seorang siswa atau tidak.
1.4 Manfaat Penelitian
1. Agar pembaca dapat mengetahui dampak-dampak yang dapat ditimbulkan dari sebuah media sosial.
2. Agar pembaca dapat mengetahui hubungan dampak negatif media sosial dengan nilai seorang siswa.
BAB 2
2.1 Landasan Teori
2.1.1 Pengertian Media Sosial
Media Sosial adalah sarana pergaulan sosial secara online di dunia maya (internet).Para penguna media sosial berkomunikasi , berinteraksi , saling berbagi , dan membangun jaringan (networking). Para pengguna dapat berbagi melalui sebuah blog,jejaring sosial,wikipedia,dan lain-lainnya.
Media Sosial tidak lepas dari perkembangan teknologi komputer dan handphone . Meledaknya media sosial merupakan dampak dari berkembang pesat nya teknologi dan jaringan internet. dari yang dulu media sosial tidak memiliki banyak jenis hingga berkembang sampai saat ini dan sudah memiliki banyak sekali jenisnya.
Media Sosial sekarang sudah cukup mudah untuk diakses oleh segala kalangan (Tua-Muda , Anak-anak sampai Orang Dewasa) karena telah difasilitasi oleh jaringan internet dan teknologi canggih yang dapat memadainya.pengguna media sosial juga dapat berkomunikasi dan berbagi dengan bayak orang.
Contoh media sosial yang beredar di Indonesia adalah :
- Youtube
- Blog
- Line
- Relationship Networks
- Media Sharing
- Online Reviews
- Forum Diskusi
- Social Publishing Platforms
- Bookmarking Sites
- Interest-based networks
- E-commerce
2.2 Pembahasan
Media sosial muncul tidak hanya mempengaruhi kehidupan sosial pengguna dalam dunia nyata tetapi terkadang mempengaruhi kejiwaan seseorang apabila ada hal yang dilakukan di dalam sosial media.
Akan tetapi dari segi bisnis,media sosial masih cukup berguna untuk kedepannya.Dengan adanya media sosial ini , orang-orang dapat berbagi dan berbisnis dengan orang banyak seperti membuat aplikasi media sosial untuk keperluan bisnis sehingga menjadikan keuntungan tersendiri bagi pengguna.
2.2.1 Dampak Positif Media sosial
Berikut ini adalah beberapa dampak positif dari media sosial :
- Sebagai tempat promosi
- Memperbanyak teman
- Sebagai tempat penyebaran informasi
- Sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial
2.2.2 Dampak negatif media sosial
- Kecanduan
- Perjudian
2.3 Cara mengatasinya
2.3.1 Cara agar tidak kecanduan
- Pembatasan diri
- Mencari kegiatan lain
- Lebih banyak berkomunikasi langsung daripada melalu teknologi
- Memperbanyak kegiatan agar tidak memainkan hp terus
- Pembatasan diri
- Lebih banyak berkomunikasi di duni nyata
BAB III
Metodologi Penelitian
3.1 Jenis Penelitian
Metode penelitian yang penulis gunakan adalah Metode kualitatif. Metode kualitatif adalah penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis.3.2 Populasi dan sampel
Populasi yang akan diteliti oleh penulis adalah seluruh siswa siswi kelas XI Ips 2 Sekolah Kristen Kanaan , dan yang menjadi sampel untuk penulis adalah 10 siswa siswi kelas XI Ips 2 Sekolah Kristen Kanaan.
3.3 Teknik pengumpulan data
Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik angket. Penulis menggunakan teknik angket karena lebih mudah dan agar penulis bisa mengumpulkan data atau informasi dengan lebih lengkap dan lebih efektif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar