Kamis, 20 Juli 2017

Perjalanan Cornelis de Houtman

Perjalanan Cornelis de Houtman

Cornelis de Houtman (lahir di Gouda , Holland Selatan, Belanda , 2 April 1565 - meninggal di Aceh, 11 September 1599 pada umur 34 tahun).

Cornelis de Houtman adalah seorang penjelajah Belanda yang menemukan jalur pelayaran dari Eropa ke Indonesia dan berhasil memulai perdagangan rempah-rempah Belanda.

  Perjalanan de Houtman adalah kemenangan simbolis bagi pihak Belanda, meski perjalanan tersebut sebenarnya berlangsung buruk.

   Pada tahun 1592 Cornelis de Houtman dikirim oleh para pedagang Amsterdam ke Lisboa untuk mencari informasi tentang Kepulauan Rempah-Rempah. Para pedagang tersebut memastikan bahwa Banten merupakan tempat yang tepat untuk membeli rempah".Pada tahun 1594 mereka mendirikan compagnie van Verre , dan pada 2 April 1595 empat buah kapal meninggalkan Amsterdam, Kapal tersebut adalah kapal :

  • Kapal Amsterdam
  • Kapal Hollandia
  • Kapal Mauritius
  • Kapal Duyfken
Pada 27 Juni 1596, ekpedisi de Houtman tiba di Banten. Hanya 249 orang yang tersisa dalam perjalanan dari pelayaran awal . Awalnya penduduk menerima dengan bersahabat,tetapi setelah beberapa tabiat kasar yang di tunjukkan oleh awak kapal Belanda,Sultan Banten,mengusir kapal Belanda tersebut.

 Ekspedisi de Houtman berlanjut ke utara pantai Jawa,Kapalnya takluk ke pembajak.Beberapa awak kapal Belanda di tangkap dan di tahan sehingga de Houtman membayar denda untuk melepaskannya.

AKIBAT DARI EKSPEDISI INI :

  Meski perjalanan ini di bilang gagal , ini juga dapat dianggap sebagai semacam kemenangan bagi Belanda. Pihak Belanda sejak saat itu mulai berlayar untuk berdagang ke Timur. Dalam lima tahun kemudian , 65 kapal Belanda telah berlayar ke wilayah tersebut dan bisa di sebut memulai penjajahan Hindia Belanda.



Sekian pengetahuan gw tentang perjalanan Cornelis de Houtman , semoga pengetahuan gw bermanfaat bagi kalian.Mohon maaf jika ada kesalahan. Thanks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar